Dengan Nama Allah
Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang !

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguh-Nya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Q.S. 17 Al Israa’ : 44

SQ/ISQ STAI BALAISLEASA 
YPPTI-PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT
TA. 2012/2013


A.     Latar Belakang
Dalam tubuh manusia terdapat dua unsur yang harus mendapatkan perhatian yang sama, yaitu: Jasmani dan Rohani. Bisa jadi selama ini kita tidak adil terhadap diri kita sendiri, selama ini kita sangat cemas apabila tubuh kita luka (tergores) kita sibuk mencari obatnya, tetapi sebaliknya tatkala hati sakit tidak kita hiraukan bahkan kita sembunyikan. Biarlah kaki kita sakit, asalkan hati tidak sakit. Kalau kaki kita sakit, kita hanya tidak bisa berjalan, tapi kalau hati kita sakit, kita akan kehilangan kebahagian dunia dan akhirat. Dalam  kehidupan ini sering terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, kejadian itu datang secara bersamaan, kejadian itu datang sekejap mata, dan kejadian itu menggoncang tataran mental. Semua ini terjadi karena tidak mampu lagi menyelaraskan antara kebutuhan dunia dan akhirat. Maka dari itu dengan Training Sipiritual Quotion (SQ), kita akan diajak untuk menyelaraskan visi hidup agar kita sukses serta mampu mengelola Emosional dan Sipiritual yang baik, akan memberikan konstribusi yang lebih besar dan tak lepas dari IQ.
Dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia dengan mengunakan metode SQ (Multiple Intelligence), yaitu dengan tujuan membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ), dengen Multiple Intelligence antara lain  Kecerdasan linguistik, Kecerdasan Logika-Metematika, Kecerdasan Intra Personal, Kecerdasan Inter Personal, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Visual-Pasial, Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Naturalis, dan kecerdasan Eksisistensi dan  Kecerdasan lainya secara terintegrasi dan transendental.
Melalui SQ Training  Motivasi kami percaya dapat membangun dan membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki karakter Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli yang terpatri dalam jiwa. Nilai yang tertanam dalam setiap diri individu, inhan Indonesia yang pada akhirnya dengan terbentuknya karakter tersebut, maka bersama-sama kita wujudkan Indonesia Spiritual.

“Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal di antara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai Daripadanya, dan di antaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya, dan di antaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan”
Q.S. 2 Al Baqarah : 74
 
 
B.  Tujuan
1.   Kemampuan menggali potensi diri peserta didik
2.   Peserta didik mampu memahami hakekat manusia
3.   Peserta didik mampu mengelola dengan baik Emosi, Sipiritual,
4.   Peserta mampu membudayakan  zikir dalam aspek kehidupan
5.   Peserta didik mampu meningkatkan kemampuan percaya diri dalam menghadapi UN
6.   Peserta terampil memotivasi diri berprestasi dan, mampu menjadi individu yang visioner

C.  Peserta
     Peserta Acara ini adalah:
1.      SMU se-Kabupaten Pesisir Selatan
2.      SMK se-Kabupaten Pesisir Selatan
3.      MAN se-Kabupaten Pesisir Selatan.

D.  Target dari Kegiatan
     Menghadapi UN dengan penuh rasa Optimisme.

E.  Waktu dan Tempat
            Waktu training SQ/ESQ ini dilaksanakan pada hari Senin, 9 April 2012, Pukul 08.00 – selesai, bertempat di Aditorium (Aula) STAI Balaiselasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar